Tuesday, October 4, 2016

7 Tips Sebelum Membeli Mobil Bekas agar Anda Tidak Kecewa

7 Tips Sebelum Membeli Mobil Bekas agar Anda Tidak Kecewa - Kendaraan mobil memang saat ini adalah kendaraan yang harus dipertimbangan untuk dimiliki, baik untuk keperluan pembisnis maupun untuk kendaraan keluarga, untuk memilikinya tentu kita harus cukup memiliki dana, karena saat ini harga mobil memang masih tergolong tinggi, dan hanya orang-orang yang berduit saja yang bisa memilikinya. tapi jangan khawatir sebenarnya jika mau andapun bisa membelinya meskipun anggaran yang anda miliki  pas-pasan, solusi terbaik adalah dengan membeli mobil bekas yang masih layak dipakai.

Membeli mobil bekas adalah salah satu cara anda untuk memiliki kendaraan, kondisinya memang tidak akan sebagus mobil baru, namun jika anda pandai memilihnya, anda tidak akan kecewa, karena mobil bekas tidak semuanya buruk, masih banyak sekali mobil bekas yang masih memiliki kualitas yang baik, masih sangat layak pakai tidak kalah dengan mobil baru, baik dari segi interior maupun ekteriornya. tapi tentu anda harus teliti ketika membelinya, karena untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas anda harus tau tipsnya, jika tidak maka bisa saja anda dirugikan.

mobil bekas


Di artikel kali ini saya akan share tips sederhana bagaimana cara memilih mobil bekas baik untuk keperluan bisnis maupun untuk kendaraan keluarga, sehingga anda bisa mendapatkan mobil bekas yang masih layak pakai dan berkualitas.

Tips Sebelum Membeli Mobil Bekas

Apapun mobil yang akan anda beli baik itu taxi, matic, sedan maupun merk mobil lainnya, berikut adalah beberapa tips sederhana yang patut anda pertimbangkan sebelum anda membeli mobil bekas tersebut:

1. Tempat Pembelian

Untuk membeli mobil bekas sebenarnya bisa di mana saja, bisa di showroom yang memang khusus menyediakan mobil bekas, bisa melalui orang ke dua atau bahkan bisa memalui orang pertama langsung dari si  pemilik mobil yang bersangkutan.

Jika anda harus memilih maka cara terbaik adalah melalui orang yang akan menjualnya langsung, dengan cara ini maka biaya pembelian bisa anda tekan beda halnya ketika anda membeli dari orang ke dua atau ketiga, atau di showroom tentunya akan ada biaya tambahan di balik harga asli mobil tersebut.

Atau yang paling baik adalah membeli dari orang yang sangat anda kenal dan sangat kenal dengan kedaraannya, tentu ini adalah pilihan terbaik.

2. Perhatikan Kondisi Eksterior Mobil

Jika anda merasa menyukai body mobil dari sisi ekteriornya maupun merknya jangan dulu langsung membelinya, tapi cek dulu dengan teliti, terutama ekteriornya, silahkan periksa dengan teliti seluruh bagian ekteriornya dari mulai samping depan belakang atas dan bawah, apakah ada bekas goresan, retakan di body mobilnya, kemudian lihat juga kaca mobil, apakah masih terlihat kokoh dan tidak pecah, perhatikan juga dan cek kualitas lampu mobil, apakah dapat menyala dengan baik, kemudian lihat juga kualitas ban, kolong mobil pastikan bahwa ban masih baik dan tidak ada karatan di area kolong mobil.

Jika ekterior anda pastikan baik, maka anda bisa mempertimbangkan untuk membelinya, jika memang ada hal-hal yang memang kurang anda inginkan, mungkin anda bisa adu tawar untuk menurunkan harganya atau anda tinggalkan dan mencari mobil bekas lainnya.

3. Periksa Performa Mesin Mobil

Yang berikutnya yang harus anda perhatikan adalah performa mesin mobil itu sendiri, ini adalah bagian yang paling penting, kendalanya anda mungkin orang yang tidak memiliki kemampuan untuk memahami dan mengecek bagian mesin mobil, jike memang seperti itu anda bisa meminta bantuan teman anda yang memang memahami seluk beluk mesin mobil, namun jika anda memahami kondisi mesin mobil yang baik silahkan periksa dengan teliti dari mulai, starter, suara mesin, dan coba lakukan tes drive,  tes belokan, jalan lurus, jalan tanjakan, jalan turunan, jalan rusak dan tes-tes lainnya yang dapat mengecek kualitas mesin.

Tanyakan juga apakah mobil pernah turun mesin, Jika anda menemukan ada sesuatu yang salah dengan mesinnya maka silahkan pertimbangkan kembali untuk membelinya.Namun jika kondisinya baik, anda bisa membelinya.

4. Periksa Aksesoris dan Interiot Mobil

Langkah berikutnya yang harus anda lakukan adalah mengecek aksesoris dan juga bagian interior mobil secara teliti. Beberapa komponen aksesoris dan interior mobil yang perlu Anda periksa dengan teliti antara lain bagian dashboard, setel AC, karpet, serta perhatikan kualitas jok dan langit-langitnya. Pastikan untuk coba menduduki jok, tarik ke belakang, dan cek kualitas pelapisnya.

Bagian kaca juga tak boleh luput dari perhatian dengan mencoba menaik-turunkan kaca mobil. Cek pula tombol wiper serta kondisi buka-tutup pintu mobil. Terakhir, cobalah juga untuk mengecek lampu sein, hazard, lampu depan, dan lampu rem. Radio atau fasilitas audio lainnya juga penting untuk Anda coba dengan cara menyalakan dan memutarnya.

5. Perhatikan kelengkapan Surat-suratnya

Yang harus anda periksa mengenai kelengkapan surat-surat antara lain
  • BPKB, pastikan pemiliknya sesuai
  • STNK, perhatikan bahwa stnk masih berlaku dan dipastikan keasliannya
  • Pajaknya apakah masih aktif atau sudah kadaluarsa, jika sudah kadaluarsa mungkin anda bisa adu tawar dengan menurunkan harganya
  • Pastikan bahw surat-surat memang benar-benar asli dan sesuai dengan nama asli pemiliknya, pikirkan kembali jika nama pemilik tidak sesuai dengan si penjual, karena akan kesulitan ketika balik nama.

6. Lakukan Cek Fisik Kendaraan 

Untuk memastikan bahwa mobil bukan mobil bodong atau mobil hasil curian, tidak ada salahnya anda meminta kepada si pemilik mobil untuk bersama-sama melakukan pemeriksaan fisik ke kantor samsat terdekat,  lakukan ini jika 95% anda sudah memutuskan untuk membelinya.

Cek fisik bertujuan untuk memastikan bahwa Data yang tertera di STNK mobil memang benar-benar sesuai dengan fisik mobil.

7. Tanyakan apakah Mobil memiliki Asuransikan?

Asuransi adalah salah satu hal penting yang juga harus anda tanyakan untuk mengurangi dan melindungi dari resiko kerugian yang mungkin dialami oleh mobil yang akan anda beli dikemudian hari,  jika mobil masih memiliki asuransi tentunya ini adalah kesempatan yang baik. 

***
Kuncinya adalah teliti sebelum membeli, tujuannya agar anda terhindar dari kerugian, sehingga jika mobil masih memiliki kualitas yang baik, maka anda pun bisa menikmatinya dalam waktu yang lama dan bisa terhindar dari perbaikan-perbaikan yang malah dapat menguras isi saku anda.

Demikian tentang tips Sebelum Membeli Mobil Bekas yang harus anda perhatikan agar bisa terhindar dari keruigan, semoga dengan tips ini anda bisa mendapatkan mobil bekas yang anda inginkan dengan kualitas yang masih ok dan layak pakai.




No comments:

Post a Comment